Tips Memilih Produk Asuransi Jiwa

Di zaman sekarang tidak mengherankan jika seseorang memiliki berbagai macam produk asuransi yang dapat dimanfaatkan untuk menghindari kerugian berlebih apabila terjadi hal yang tidak diinginkan atau diluar perkiraan. Perusahaan asuransi sudah ada di Indoensia sejak dulu, namun hanya segelintir orang saja yang memanfaatkan perusahaan asuransi tersebut pada masa itu. Namun sekarang sudah berbeda, masyarakat semakin sadar untuk memilih asuransi jiwa yang berguna untuk melindungi diri sendiri maupun keluarga yang dicintai. Dengan adanya kesadaran masyarakat yang meningkat mengenai pentingnya asuransi bagi kehidupan, maka tidak mengherankan jika banyak perusahaan asuransi yang saling berlomba memberikan produk-produk asuransi dengan keunggulannya tersendiri. Asuransi yang ditawarkan juga makin beragam. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, asuransi kendaraan, bahkan sampai asuransi untuk masa tua. Dengan adanya hal tersebut, menjadikan masyarakat memiliki sebuah tabungan atau simpanan dihari tua atau dana yang bisa digunakan saat keadaan tertentu.


Namun sebelum anda mendaftarkan diri pada suatu perusahaan asuransi, hendaknya anda mengetahui dahulu apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum anda mengambil produk asuransi dalam suatu perusahaan asuransi. Mengambil sebuah asuransi itu berarti anda berkomitmen melakukan pembayaran premi yang dilakukan setiap bulannya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftarkan diri dalam asuransi.

  • Kenali kebutuhan asuransi anda
Sebelum mengambil produk asuransi pada suatu perusahaan, hendaknya anda tahu terlebih dahulu asuransi apa yang menjadi kebutuhan saat ini. Produk asuransi yang ditawarkan pada suatu perusahaan asuransi memiliki banyak sekali produk dengan keunggulannya tersendiri. Oleh kaena itu, tentukan terlebih dahulu prioritas kebutuhan asuransi anda.

  • Mendaftar pada perusahaan asuransi terpercaya
Banyaknya perusahaan asuransi yang bermunculan saat ini dan menawarkan berbagai macam produk asuransinya, dimana bisa membayarkan premi asuransi yang tidak memberatkan nasabah memang menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat. Namun ada baiknya jika anda juga waspada dan tetap berhati-hati dengan produk asuransi yang ditawarkan suatu perusahaan asuransi. Hendaknya anda mencari tahu terlebih dahulu perusahaan tersebut. Jika anda ingin mendaftarkan diri pada suatu perusahaan asuransi, daftarlah pada perusahaan asuransi yang terpercaya dan sudah banyak dipercaya oleh masyarakat untuk menghindari penipuan berbasis asuransi.

  • Kenali dengan baik jenis asuransi jiwa
Di Indonesia sendiri, terdapat empat jenis asuransi yang bisa masyarakat manfaatkan. Jenis asuransi tersebut antara lain:

1. Asuransi Jiwa Berjangka
Asuransi jiwa berjangka merupakan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan kepada anda dalam jangka waktu tertentu saja dan sesuai dengan perjanjian isi polis.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup
Asuransi jiwa seumur hidup merupakan asuransi yang memberikan perlindungan kepada anda untuk seumur hidup atau dalam jangka waktu 100 tahun makismalnya.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna
Asuransi jiwa dwiguna merupakan asuransi perpaduan asuransi jiwa berjangka dan tabunga. Jadi aka nada dana pertanggungan jika yang tertanggung meninggal dan tertanggung juga bisa melakukan penarikan polis dalam waktu tertentu sebelum kontrak polis berakhir.

4. Asuransi Jiwa Unit Link
Asuransi jiwa unit link merupakan perpaduan antara asuransi dan investasi.

  • Sesuaikan dengan kemampuan finansial
Sebelum anda mendaftarkan diri dalam sebuah asuransi, akan lebih baik jika anda melakukan perhitungan terlebih dahulu terhadap pendapatan anda. Perhitungan yang dilakukan harus dengan benar karena setiap bulannya anda harus membayar premi asuransi sesuai dengan nominal dalam isi polis asuransi. Ambillah asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial anda, jangan memaksakan diri mengambil asuransi dengan pembayaran premi diluar kemampuan finansial anda.
loading...

Related Posts

Tips Memilih Produk Asuransi Jiwa
4/ 5
Oleh