Peran Mesin Cuci Saat Ini

Perkembangan teknologi nampaknya merambah pada kancah kebutuhan rumah tangga, salah satunya adalah mesin cuci otomatis. Jika dahulu harus mengeluarkan tenaga cukup besar untuk mencuci pakaian, kini bisa melakukannya sambil mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Sebab, kehadiran mesin cuci otomatis, bisa melakukan semua kegiatan mencuci mulai dari mengucek, membilas, hingga memeras pakaian. Yuk simak cara pakai mesin cuci otomatis berikut.


Mengenal Mesin Cuci Otomatis
1. Beberapa Jenis Mesin Cuci
Mesin cuci otomatis, memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu front load yang memiliki pintu bukaan di bagian depan  mesin dan top load yang memiliki pintu bukaan di bagian atas mesin. Bahkan mesin cuci front load sendiri, memiliki 2 jenis, yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Dimana setiap mesin cuci ini memiliki fungsi yang hampir sama.

Untuk mesin cuci dengan pintu bagian depan, biasa digunakan oelh jasa binatu, sebab dianggap lebih efektif jika digunakan untuk membersihkan segala jenis pakaian dan barang apapun yang bisa dicuci. Kelebihan yang dimilikinya, membuat mesin cuci satu dibandrol dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin cuci lainnya. Namun anda bisa merasakan kelebihan yang dibawa mesin.

Sedangkan untuk mesin cuci top load dengan 1 tabung, menjadi tren digunakan pada era saat ini. Sebab, mesin satu ini bisa menjalankan beberapa siklus seperti pengisian air, mencuci, hingga megeringkan pakaikan secara otomatis. Bahkan mesin ini memiliki alarm yang digunakan sebagai tanda bahwa, mesin cuci sudah melakukan semua tugasnya dengan baik. Dalam sekali jalan, mesin ini mampu mengerjakan beberapa hal yang tidak bisa dilakukan manusia.

2. Langkah Menggunakan Mesin Cuci
Bagi anda yang pertama kali mencoba menggunakan mesin cuci otomatis, tentu kesulitan memahami fungsi dari berbeagai tombol yang ada. Yang pertama harus anda lakukan adalah melakukan instalasi mesin, agar tersambung dengan sumber air yang digunakan untuk mencuci. Untuk memudahkan anda, bisa menghubungkan mesin dengan keran terdekat. Jika keran dan mesin cuci sudah terhubung, secara otomatis mesin akan mampu mengisi air.

Isilah tabung mesin cuci dengan air,  kemudian masukkan beberapa potong pakaian kotor yang harus dicuci. Setelah itu, tuangkan deterjen atau sabun cuci baju secukupnya. Penggunaan deterjen sendiri, bisa disesuaikan berdasarkan jenis deterjen yang digunakan dengan mesin cuci yang digunakan. Karena mesin otomatis saat ini memiliki 2 tipe, yaitu tipe top load dan front load. Hal ini menjadi penting karena mempengaruhi penggunaan mesin cuci.

Setelah semua baju telah dimasukkan pada bak mesin cuci, tutuplah kembali pintu mesin cuci, setelah itu tekan tombol start. Pada badan mesin cuci, terdapat beberapa tombol yang memiliki fungsi berbeda. Pilihlah siklus pencucian yang disesuaikan terlebih dahulu dengan jenis pakaian yang akan dicuci. Kemudian, mesin akan bekerja otomatis untuk membersihkan pakaian anda.

Tunggulah beberapa saat hingga mesin menyelesaikan tugasnya, mulai dari siklus pencucian, pembilasan, hingga pengeringan pakaian. Setelah mesin selesai mengerjakan setiap tugasnya dengan baik, bukalah pintu mesin cuci dan keluarkan semua pakaian. Setelah itu, pakaian bisa langsung dijemur di tempat yang berangin atau di bawah terik matahari. Karena cara pakai mesin cuci otomatis, pakaian bisa diangin anginkan agar kering sempurna.

Adanya mesin cuci otomatis, membuat semua pekerjaan dapat dilakukan sekaligus tanpa mengeluarkan tenaga ekstra. Sembari mencuci,anda bisa mengerjakan tugas lainnya, sehingga lebih menghemat waktu. Bahkan cara memakainya pun sangat mudah dipelajari dan mudah digunakan, sehingga keberadaan mesin cuci otomatis di hunian dapat menjadi salah satu kebutuhan utama. Mencuci jadi mudah dan menyenangkan dengan mesin cuci otomatis.
loading...

Related Posts

Peran Mesin Cuci Saat Ini
4/ 5
Oleh