Apakah Sama Kelainan Saraf Dengan Penyakit Saraf?

Neuropati-Penyakit saraf merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada sistem saraf tubuh,yang meliputi otak dan sumsum tulang (sistem saraf pusat), serta saraf yang menghubungkan sistem saraf pusat dengan organ tubuh (sistem saraf perifer). Terganggunya sistem saraf dapat menyebabkan terganggunya seluruh atau sebagian fungsi tubuh, seperti sulit bergerak, bernapas, berbicara, gangguan ingatan, serta gangguan fungsi organ tubuh bagian dalam, seperti jantung dan paru.


Namun, sering kali dikatakan bahwa kelainan saraf dikatakan sama dengan penyakit saraf? Bisa dikatakan keduanya sama-sama saling tumpang tindih. Penyakit Saraf (Neuropati) adalah kerusakan saraf. Ketika saraf berkomunikasi dengan otak tetapi mereka berada di luar otak dan sumsum tulang belakang.

Ketika saraf melakukan kontraksi, saraf akan memberikan stimulus listrik untuk otot-otot dan akan memberitahu otot untuk bekerja. Tak hanya itu, saraf juga menerima masukan dari berbagai lokasi tubuh dan mengirim pesan ke otak tentang sensasi tubuh, seperti adanya rasa panas dan dingin, rasa sakit jika disentuh, dan mengakibatkan tubuh lemas.

Penyebab Adanya Penyakit Neuropati
Neuropati sendiri dapat menyebabkan gejala yang tampak mirip dengan stroke. Namun, neuropati disebabkan oleh penyakit saraf, yang terjadi di luar otak.

Bagaimana dengan waktunya?
Neuropati merupakan kondisi medis yang serius, dan pada umumnya tidak darurat dan berbahaya serta berkembang dalam jangka waktu lebih lama daripada stroke.

Apa saja gejala yang terkait dengan Neuropati?
Perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini tidak langsung menyebabkan beberapa gejala yang umumnya terkait dengan stroke, seperti sakit kepala, pusing atau perubahan penglihatan. Neuropati dapat menyebabkan perubahan sensasi. Perubahan mungkin termasuk kurangnya sensasi atau sensasi yang tidak biasa seperti nyeri, kesemutan, terbakar, mati rasa atau bahkan seperti ada sesuatu yang merayap di bawah kulit. Sering kali, neuropati menyebabkan hipersensitivitas, biasanya membuat Anda merasa tidak nyaman dengan sentuhan ringan.

Penyebab penyakit itu tidak hanya satu saja, namun juga dapat menyebabkan kelemahan pada lengan atau kaki. Biasanya, ini hanya terjadi ketika neuropati dalam tingkat parah. Penyakit biasanya dianggap sebagai penyakit pada kedua sisi tubuh, tetapi umum terjadi bila satu sisi lebih buruk kondisinya daripada sisi lainnya.

Beberapa orang telah menyadari bahwa adanya masalah keseimbangan pada neuropati. Masalah keseimbangan yang sering disebabkan oleh neuropati umumnya terlihat ketika penderitanya mencoba untuk berjalan di garis lurus atau berdiri dengan kedua kaki bersamaan. Neuropati menyebabkan masalah keseimbangan karena penderita neuropati mengalami kesulitan sensorik. Hal ini membuat mereka sulit untuk melakukan hal-hal yang memerlukan koordinasi baik, seperti berjalan di garis lurus.

Beberapa tanda-tanda (Gejala)
Ketika seseorang dengan neuropati diperiksa refleksnya, refleks penderita neuropati umumnya tidak bergerak cepat seperti biasa. Hal ini sering membantu dokter dalam membedakan antara neuropati dan stroke. Selain itu, banyak beberapa gejala yang mengakibatkan aktivitas seseorang terganggu parah karena penyakit ini. Karena penyakit ini berhubungan dengan saraf dan juga kekebalan tubuh manusia.

Berapa lama penyakit ini terus berada di dalam tubuh?

Pertanyaan semacam ini sering kali muncul di kalangan penderita awal neruropati. Karena apa? Masalah terbesar pada neuropati adalah masalah jangka panjang. Penderita neuropati tidak hanya merasakan sakit di kaki atau tangan, jadi ketika tangan, jari, atau kaki terluka, penderita neuropati bahkan mungkin tidak menyadarinya. Perdarahan, dan bahkan infeksi bisa terjadi ketika cedera tidak diketahui. Masalah jangka panjang stroke dapat termasuk atrofi otot dan kekakuan otot.

Apa saja penyebab neuropati?
Banyak beberapa penyebab neuropati, seperti diabetes, obat, kemoterapi, gagal ginjal, alkohol, kekurangan vitamin B12, dan beberapa infeksi. Tak hanya itu, penyakit berbahaya juga ditandai dengan neuropati berkembang cepat dan menyebabkan kelemahan, biasanya dimulai pada kaki, dan kemudian dengan cepat naik ke atas kaki dan akhirnya sampai ke otot-otot yang mengendalikan pernapasan, menyebabkan masalah pernapasan berat dan dapat mengancam nyawa.

Bagaimana cara pengobatan untuk neuropati?
Neuropati pada umumnya sangat sulit untuk diobati. Cara yang paling efektif untuk penyembuhannya adalah dengan cara mengontrol penyebabnya, apakah itu karena alkohol, diabetes atau obat. Kebanyakan kasus, diagnosis awal neuropati, pengendalian penyebab dari penyakit ini dapat membalikkan beberapa atau sebagian besar gejala. Obat untuk nyeri dan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh neuropati sangat membantu agar bisa meringankan penyakit penderita.

Jadi apa yang membuat sama antara kedua penyakit tersebut?

Keduanya sama-sama berada di kategori penyakit. Tidak hanya itu juga, keduanya sama-sama berhubungan dengan saraf. Bisa dikatakan bahwa keduanya memang sebuah penyakit yang berada dalam tubuh baru maupun dari turunan. Karena keduanya sering kali dianggap sama, sebab menimbulkan gejala dan hal lain yang bisa mengganggu proses tubuh yang baik.

Kesimpulannya
Kedua penyakit tersebut sangat berbahaya bagi tubuh kita. Untuk itu, jaga dan rawatlah tubuh dari beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul. Karena jika terserang salah satu penyakit ini akan menimbulkan dampak yang sangat besar, dan perawatan tiap harinya juga harus rutin. Sebelumnya Anda bisa mengecek terlebih dahulu ke dokter baru di obati.

Related Posts

Apakah Sama Kelainan Saraf Dengan Penyakit Saraf?
4/ 5
Oleh